Kamis, 16 Agustus 2012

DESAIN PLAFOND GYPSUM

Seperti yang pernah dibahas dihalaman sebelumnya, bahwa sebelum plafond gypsum dibuat dalam bentuk yang sebenarnya, kami selalu membuat  perencanaan desain menggunakan aplikasi AutoCad 2Dimensi. Namun sebelum perencanaan desain tersebut dilakukan, kami selalu melakukan pengukuran dilapangan atau meminta gambar kerja mulai dari denah, tampak, potongannya dan lain lain guna patokan ukuran bagi desain tersebut.
Selanjutnya setelah mendapatkan hal hal tersebut tadi maka dimulailah tahapan mendesain ruang ruang yang ada dengan melihat berbagai aspek yang terkait, mulai dari fungsi ruangan, keterkaitannya terhadap ruang lain, gaya Arsitektur bangunan serta  tema yang akan dihadirkan.

Dari penggambaran ruang ruang yang ada maka dibuatlah pola pola yang tentunya memiliki nilai seni. Kita ketahui bahwa segala sesuatu yang membentuk pola, serta disatukannya berbagai ornamen ornamen plafond tersebut secara pasti akan menimbulkan nilai kesan pada suatu ruangan. 
Disini kami mengatur ketinggian plafond baik terhadap pola yang dibentuk maupun guna membedakan fungsi ruang. Hal ini selalu kami lakukan jika ruang yang terkait dengan ruang utamanya tidak memiliki batasan penyekat dan lain lain.  

Selain dari pada itu, fungsi dari gambar perencanaan 2 Dimensi ini adalah sebagai acuan kami dalam mengetahui seberapa banyak kebutuhan material yang akan digunakan. Mulai dari kebutuhan rangka plafond, material material gypsum, perletakan titik titik lampu dan instalasinya hingga ke permasalahan biaya pemasangannya. 

Setelah selesai merencanakan plafond dalam bentuk 2D, kami lanjutkan desain kami dengan menggambarkannya kedalam bentuk 3Dimensinya. Hal ini kami lakukan guna mempermudah konsumen kami dalam memahami desain, serta guna mempermudah para pelaksana lapangan dalam rangka pembuatannya. 

Inilah salah satu contoh contoh desain dan foto foto plafond gypsum yang pernah kami buat. Dengan gambar desain dan foto foto tersebut kami berharap akan mampu membuka pikiran anda, sehingga disaat berkeinginan menghadirkan keindahan pada plafond ruang ruang yang dimiliki mampu mengetahui bentuk yang akan dibuat nantinya dan apa yang diharapkan terkait seni dan keindahan pada ruangan nantinya mampu tercapai. 
Keterangan : Ruang keluarga di lihat dari ruang keluarga tersebut.
Ruang tamu yang berada di sebelah kiri ruang keluarga dibuat penurunan bidang guna membatasi fungsi serta untuk menciptakan ketegasan antar ruang. Kemudian, antara Ruang keluarga dengan Ruang antara dua kamar, dibuat penurunan dan penutup bidang plafondnya menggunakan bahan sheet ramin. Ini di upayakan untuk menjadi poin intres sekaligus untuk kamuflase bidang ruang.
Keterangan : Ruang tamu di lihat dari Ruang keluarga.
Bentuk pola plafond dibuat sederhana dengan penambahan lampu tersembunyi guna menimbulkan kesan hangat disaat kegiatan tertentu penghuninya. Garis garis tegas di tengah bidang plafond dihadirkan dengan jelas guna menciptakan kesan "masa lalu" yang merupakan kesatuan dari gaya Arsitektur bangunan secara keseluruhan.

Keterangan : Kubah ruang dalam mesjid. 
Desain ini dibuat sedemikian rupa guna menghadirkan kesan agung pada ruang dalam bangunan mesjid. Bentuk bintang sebagai simbol keagungan yang dipadukan dengan bentuk kubah  serta penegasan bidang horizontal dengan menggunakan bahan sheet ramin membuat kesan agung sempurna pada ruangan tersebut.
ruang keluarga
Ruang tangga biasa yang memiliki pencahayaan dari samping
Ruang tangga tertutup
Keterangan gambar : Ruang tangga 
Akibat keterbatasan lahan, maka sering terjadi perletakan tangga diletakkan pada bagian yang terlindung atau tidak mencapat cahaya dari matahari. Kita ketahui bahwa Ruang tangga sangatlah membutuhkan pencahayaan yang maksimal karena aktifitas yang dilakukan didalamnya. Dengan keberadaan hal tersebut pemecahannya adalah menggunakan pencahayaan buatan atau pencahayaan alami dengan membuat sky light di atasnya. Disini kami membuat sky light tersebut dan meletakkan pula lampu di dalamnya sehingga pada saat siang mendapat pencahayaan dari matahari, dan di saat malam menggunakan pencahayaan buatan. 

Demikanlah sekelumit bahasan tentang desain plafond gypsum ini. Sekali lagi semoga hal ini akan mampu menambah wawasan anda tentang permasalahan seni khususnya interior plafond gypsum. Dan jika anda berniat menghadirkan keindahan seni pada ruang anda maka segeralah hubungi kami karena kami akan senantiasa  membantu anda.

Terima kasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar